Jumat, 13 Maret 2020

Pengertian Manajemen, Tujuan,Bagian, Fungsi Dan Jenis Manajemen

Apa yang di maksud dengan manajemen? Manajemen adalah suatu proses untuk mengendalikan sesuatu yang di kerjakan oleh sekelompk orang atau organisasi untuk meraih sebuah tujuan yang telah di memutuskan dengan cara memanfaatkan semua sumber daya yang ada dan di lakukan secara bersama-sama. Pengertian administrasi Untuk mengenali lebih terang ihwal apa itu manajemen kita mampu mengacu pada beberapa pemahaman manajemen di bawah ini. Pengertian Manajemen secara biasa Secara etimologi kata administrasi berasal dari bahasa perancis kuno " Menagement " yang mempunyai arti seni mengontrol dan melakukan. kata manjemen juga berasal dari bahasa italia (1561) adalah "Managgiare" yang memiliki arti mengendalikan. Manajemen secara biasa mampu di artikan sebagai sebuah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap upaya sekelompok orang atau para anggota organisasi dengan memanfaatkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di memutuskan. Dalam hal ini  s eni yang dimaksud yakni suatu pengetahuan ihwal bagaimana cara untuk meraih hasil yang dikehendaki atau dalm kata lain seni ialah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan & pelajaran serta kemampuan untuuk menggunakan pengetahuan manajemen. Pengertian administrasi menurut para mahir Dalam medefinisikan apa itu administrasi kita bisa merujuk pada pertimbangan para mahir perihal pengertian manajemen yang mampu kita jadikan landasan. Berikut pengertian administrasi menurut para jago: 1. Malayu S.P Hasibuan Menurut Malayu S.P Hasibuan, defini si  manajemen ialah ilmu dan seni yang menertibkan proses pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk meraih sebuah tujuan tertentu yang telah di tetapkan. 2. Jame s A.F. Stoner Menurut Jame s   A.F. Stoner, pemahaman  manajemen adalah proses penyusunan rencana, peng organisasian, pengarahan dan pengawasan kinerja para anggota organisasi dan pemanfaatan sumber daya organisasi yang lain semoga meraih suatu tujuan organisasi yang sudah ditetapkan. 3. T. Hani Handoko Menurut T. Hani Handoko, pengertian Manajemen yakni ilmu pengetahuan juga dalam artian bahwa administrasi membutuhkan disiplin ilmu-ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya ; misalnya, ilmu ekonomi, statistik, akuntansi, dan sebagainya. 4. Assauri Menurut  Assauri, pemahaman  administrasi yakni sebuah aktivitas atau upaya yang dilakukan untuk mencapaii tujuan dengan memakai atau mengkoordinasikan kegiatan acara orang lain. 5. Mary Parker Follet Menurut Mary Parker Follet , Defini s i manajemen yakni sebuah seni yang di pakai untuk melakukan sebuah acara lewat orang lain dalam mencapai suatu tujuan. 6.  Harold Koontz Pengertian administrasi berdasarkan Harold koontz yakni sebuah seni yang di pakai untuk menuntaskan suatu pekerjaan melalui dan dengan beberapa orang yang tergabung dalam sebuah kalangan formal yang terencana. 7. Ricky W. Griffin Menurut Ricky W. Griffin , pengertian m anajemen ialah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan kontrol seluruh sumber daya yang ada untuk mencapai target (goals) secara efektif dan efesien. Dalam hal ini Efektif yang dimaksud ialah dalam pencapaian sebuah tujuan sesuai dengan penyusunan rencana, sedangkan efisien bermakna bahwa peran yang ada dilakukan secara benar, teratur, dan sesuai dengan penyusunan rencana. 8. Drs. Oey Liang Lee Menurut Drs. Oey Liang Lee, Arti Manajemen ialah seni dan ilmu penyusunan rencana pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan pada sumberdaya manusia untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan. 9. Lawrence A. Appley Menurut Lawrence A. Appley,pengertian manajemen ialah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang atau organisasi dalam menggerakkan dan mengarahkan orang lain agar mau melaksanakan sesuatu. 10. Federick Winslow Taylor Menurut federick wislow taylor, menjela skan bahwa pemahaman  Manajemen adalah Suatu percobaan yang benar-benar untuk menghadapi setiap  persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap metode kerjasma manusia dengan perilaku dan jiwa seorang sarjana dan dengan memakai alat-alat   perumusan. 11.  George R. Terry P engertian Manajemen berdasarkan George R. Teryy  yaitu sebuah proses yang membedakan atas penyusunan rencana (planning) , pengorganisasian (organizing) , pelakanaan (Aktivating) serta pengawasan (controlling) , dengan mempergunakan baik ilmu maupun seni, supaya tercapainya tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Dari  s emua definisi administrasi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen mengandung komponen sebagai berikut: Manajemen selaku proses. Manajemen sebagai seni. Manajemen berisikan individu-individu atau orang-orang yang melakukan kegiatan. Manajemen menggunakan aneka macam sumber-sumber dan aspek buatan yang tersedia dengan cara efektif dan efisien. Adanya tujuan yang talah ditetapkan terlebih dulu. Unsur-komponen Manajemen Dalam administrasi terdapat Unsur-bagian yang mempunyai keterkaitan satu dengan yang yang lain, sehingga apabila salah satu Unsur terebut tidak ada maka akan besar lengan berkuasa kepada pencapain tujuan suatu organisasi secara keseluruhan.Unsur-bagian administrasi berisikan 6 bagian yang disingkat dengan 6 M, adalah man, money, methods, materials, machines, market. Berikut penjelasan Unsur-bagian manajemen terebut: 1. Manusia (men) Manusia ialah orang-orang yang akan menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam oprasional sebuah organisasi, man merujuk pada sumber daya insan yang dimiliki organisasi. Hal ini termasuk penempatan orang yang sempurna, pembagian kerja, pengaturan jam kerja dan sebagainya. Dalam manajemen Manusia memiliki peranan yang sungguh penting, tanpa ada manusia sebuah proses tidak akan terjadi. karena manusia lah yang membuat sebuah tujuan dan melakukan proses pencapaian tujuan tersebut 2. Uang (Money) Money ialah salah satu komponen yang tidak dapat diabaikan, duit merupakan modal yang dipergunakan pelaksanaan acara dan planning yang sudah ditetapkan, duit ialah alat tukar dan alat pengukur nilai, seperti pembelian alat-alat, pembelian materi baku, pembayaran gaji dan lain sebagainya. Besar atau kecilnya hasil kegiatan bisa diukur dari jumlah duit yang beredar dalam suatu perusahaan.  Oleh sebab itu uang ialah alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu mesti dipertimbangkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa besar uang yang harus ditawarkan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan mesti dibeli serta berapa hasil yang hendak dicapai dalam sebuah organiasi. 3. Bahan ( Material) Material atau materi-materi baku yang dibutuhkan biasanya terdiri dari materi setengah jadi dan bahan jadi dalam operasi awal guna menghasilakan barang atau jasa. Dalam organisasi untuk meraih hasil yang lebih baik, selain insan yang ahli dibidangnya juga harus dapat menggunakan selaku salah satu sarana. Bahan baku dan insan tidak dapat dipisahkan, tanpa materi baku acara bikinan tidak akan meraih hasil yang dikehendaki. 3. Mesin (Machine) Machine adalah perlengkapan termasuk teknologi yang dipakai untuk membantu dalam operasi untuk menghasilakan barang dan jasa. Mesin yang dipakai untuk memberi akomodasi atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja. Terutama pada penerapan teknologi mutahir yang dapat memajukan kapasitas dalam proses bikinan baik barang atau jasa. 4. Metode (Methods) Methods adalah cara yang ditempuh teknik yang dipakai untuk mempermudah jalannya pekerjaan manajer dalam mewujudkan planning oprasional. Metode mampu dinyatakan selaku penetapan cara pelaksanaan kerja suatu peran dengan memberikan berbagai pertimbanganpertimbangan terhadap target, akomodasi-akomodasi yang tersedia dan penggunaan waktu, serta duit dan acara bisnis. 5. Pasar (Market) Market merupakan pasar yang hendak dimasuki hasil prosuksi baik barang atau jasa untuk menghasilkan uang, mengembalikan investasi dan mendapatkan profit dari hasil pemasaran atau tempat dimana organisasi menyebarluaskan produknya. Fungsi administrasi Fungsi Manajemen ialah bagian dasar yang mesti ada dalam administrasi sebagai landaan atau sumber teladan manajer (seseorang yang mengorganisir administrasi) dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara mempersiapkan, mengorganisaian, mengarahkani dan menertibkan. fungfungsi-fungsi manajemen Adapun fungsi administrasi mampu di jelaskan selaku berikut: 1.  Perencanaan (planning) Perencanaan (rencana) yakni suatu upaya pengambilan keputusan mengenai target apa yang hendak diraih, langkah-langkah apa yang mau diambil dalam pencapaian tujuan atau target dan siapa yang mau melaksanakan. Tanpa perencanaan yang sempurna dalam suatu bisnis akan berakibat terhadap ketidak teraturan bisnis tersebut atau dengan kata lain tidak berjalan sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan ini bisa berakibat pada ketidakteraturan sampai kebangkrutan. 2. Pengorganisasian (organizing) Fungsi administrasi yang kedua yaitu pengorganisasian, lalu apa yang di maksud dengan pengorganisasian? pengorganisasian yaitu sebuah acara mengontrol sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dimiliki  s ebuah perusahaan untuk melakukan rencana yang telah ditetapkan serta mencapai tujuan perusahaan. Pengorganisasian secara lebih gampang mampu dilakukan dengan menentukan apa peran yang mesti dilakukan, bagaimana mesti dijalankan dan siapa yang menjalankan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan peruahaan lewat proses yang lebih terorganisir atau terorganisasi 3. Penempatan (Staffing) Fung s i administrasi s elanjutnya yakni s taffing. Dalam hal ini s taffing hampir mirip dengan organized akan tetapi s taffing penggunaannya lebih luas. Bila pengorgani s a s ian (organizing) lebih mengamati administrasi sumber daya insan ( s dm), maka staffing lebih memperhatikan sumber daya secara biasa s eperti perlengkapan ,perlengkapan dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi. 4 . p engarahan ( Actuating ) Perencanaan dan pengorganisasian yang baik namun jika tidak dibarengi dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka diharapkan perjuangan, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya insan yang ada hams dioptimalkan untuk visi, misidan program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal kusus sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Sehingga disinilah fungsi manajemen selaku pengarahan semoga apa yang dilakukan sumber daya masih berada pada jalur yang sebaiknya. Setiap Sumber daya manuia mesti bekerja sesuai dengan peran, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing untuk mencapai misi, visi & program kerja organisasi yang sudah ditentukan. 5. P engawaan ( Controlling ) Fungsi pengendalian yaitu suatu aktivitas menilai kinerja menurut kriteria yang telah dibuat untuk lalu dibuat pergantian atau perbaikan bila terdapat kesalahan atau penyimpangan.  A gar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, hukum dan acara kerja yang sudah di tentukanmaka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Kata-kata tersebut memang mempunyai makna yang berlawanan, tapi yang paling penting adalah bagaimana sejak dini bis a mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjad i dalam s ebuah peru s ahaan. b aik dalam penyusunan rencana, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaia-pembiasaan yang tepat dengan suasana, keadaan dan kemajuan zaman. pelaksanaan planning kerja yang telah disusun dan mengadakan koreksi (perbaikan) kepada penyimpangan yang terjadi. Untuk menjalankan Fungsi ini diperlukan adanya persyaratan kinerja yang tran s paran. Pengawasan dan pengendalian juga ialah alat ukur apakah implementasi sesuai dengan rencana yang merupakan konsensus bareng yang sudah ditetapkan sebelumnya.   Jenis-Jenis dan teladan Manajemen Dalam implementai ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari, ada berbagai acuan yang bisa kita peroleh, sesuai dengan bidangnya. Berikut ini yaitu beberapa teladan dan macam-macam administrasi: Manajemen Administrasi Perkantoran Manajemen Agribisnis Manajemen Biaya Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas) Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen Keuangan Manajemen Komunikasi Manajemen Konstruksi Manajemen Organisasi Manajemen Organisasi Manajemen Pemasaran Manajemen Pendidikan Manajemen Personalia dan Administrasi Manajemen Perusahaan Manajemen Produksi Manajemen Rantai Pasokan Manajemen Risiko Manajemen Strategi Manajemen Stress Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Waktu Demikian klarifikasi perihal Pengertian Manajemen, Tujuan,Unsur, Fungsi dan Jenis Manajemen. Semoga bermanfaat .
Sumber https://chekdong.blogspot.com


EmoticonEmoticon